Laman

Sunday, October 30, 2016

Daftar Komposisi Pangan Australia Update 27 April 2016

Daftar komposisi zat gizi pangan Australia berisi kandungan zat gizi dari 5740 jenis pangan (makanan dan minuman) dan mengandung 53 jenis zat gizi.  Daftar komposisi pangan ini terakhir di update pada tanggal 27 April 2016 dengan memasukkan kandungan gula tambahan dan gula bebas dalam pangan.

File (disini file Excel) daftar komposisi pangan ini menyajikan kandungan zat gizi dalam 100 gram bahan yang dapat dimakan (bdd).
Kelimapuluh tiga zat gizi tersebut adalah energi (dengan dan tanpa energi dari serat makanan), kadar air, protein, lemak total, karbohidrat tersedia (dengan dan tanpa gula alkohol), gula total, gula yang ditambahkan, gula bebas, pati, serat makanan, alkohol,  kadar abu, asam lemak jenuh, asam lemak tidak-jenuh tunggal total ,  asam lemak tidak-jenuh poli total, lemak trans total, omega-3 rantai panjang total, lenoleat, alfa-lenolenat, eicosapentaenoat, docosapentaenoat, docosahexaenoat, vitamin A (sebagai retinol equivalents), preformed vitamin A (retinol), pro vitamin A (beta-carotene equivalent), beta-carotene, thiamin, riboflavin, preformed niacin, niacin equivalent, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, alpha tocopherol, vitamin E, natural folates, folic acid, total folates, ekivalen folat makanan (dietary folate equivalents), calcium, iodine, iron, magnesium, phosphorus, potassium, selenium, sodium and zinc,  caffeine, cholesterol and tryptophan.
Sumber data zat gizi
Hasil analisis – nilai-nilai zat gizi terutama berasal dari data analisis pangan Australia yang dipublikasi dalam NUTTAB 2010 (FSANZ, 2011) atau data hasil analisis yang tidak dipublikasi dari Badan Standar Pangan Australia dan New Zealand atau diberikan oleh industri pangan.
Resep – nilai zat gizi diturunkan dengan menggunakanpendekatan perhitungan dari komposisi resep masakan.
Imputed (pendekatan pangan sejenis)– nilai-nilai zat gizi sebagian besar didasarkan pada makanan atau minuman yang sama dengan sedikit perubahan.
Data label – Kebanyakan data zat gizi diturunkan dari informasi yang terdapat pada label atau website pangan Australia.
Borrowed (meminjam dari DKBM lain)– data zat gizi terutama diturunkan dari data yang dipublikasi pada tabel atau elektronik komposisi pangan internasional  (misal dari Amerika Serikat).
Kalau tertarik bisa diunduh disini.

No comments: