Laman

Friday, March 22, 2013

Cara membuat sports drinks sendiri



Hadi Riyadi
            Apa Anda sudah mengenal apa itu sports drink?  Sports drink adalah minuman yang ditujukan untuk mencegah/mengatasi kekurangan cairan yang lebih cepat dibandingkan dengan air biasa dan mampu menggantikan gula (karbohidrat) dan mineral yang hilang dari tubuh selama berlangsungnya aktivitas fisik atau olahraga.
            Sport drink sangat bermanfaat untuk aktivitas atau olahraga yang berlangsung lebih dari 60-90 menit.  Seringkali orang sulit makan sehabis berolahraga, padahal kondisi tubuh harus segera dipulihkan.  Untuk mengatasi hal itu, sport drink yang mangandung karbohidrat sangat membantu dalam memulihkan kebutuhan energi tubuh dan juga hidrasi tubuh.  Sport drink yang baik adalah yang mengandung glukosa dan maltodekstrin, karena karbohidrat jenis ini lebih cepat dicerna tubuh  dan masuk ke sirkulasi tubuh.
            Pemberian air minum dan energi harus dilakukan pada saat berlangsungnya aktivitas/olahraga yang berkepanjangan (during exercise) dan setelah selesai  aktivitas/olahraga (after exercise). Selama beraktivitas/olahraga yang berlangsung lama (60-90 menit), asupan air harus mengandung 4-8 g karbohidrat per 100 mL larutan yang diberikan setiap 10 - 15 menit.  Tujuannya adalah agar tubuh kita terhindar atau tidak mengalami dehidrasi dan memberikan tambahan energi yang terkuras selama berlangsungnya aktivitas tersebut.  Pemberian sport drink ini juga akan lebih efektif dalam merehidrasi tubuh dibandingkan dengan air saja.  Pada olahraga yang berlangsung lama yang menguras keringat biasanya yang terkuras tidak hanya air dan energi tetapi juga mineral/elektrolit yang terbuang bersamaan dengan keluarnya keringat.  Oleh karena itu sport drink selama berlangsungnya olahraga yang berlangsung lama harus mengandung karbohidrat dan elektrolit, terutama natrium.

Cara membuat sport drink
            Sport drink yang akan kita buat adalah sport drink yang akan digunakan selama berlangsungnya olahraga (during exercise) dan sport drink pemulihan yang biasanya diminum setelah selesai berolahraga (after excercise).

Sports drink selama olahraga
            Sports drink selama olahraga yang berlangsung lebih dari 60-90 menit sebaiknya mengandung karbohidrat dan elektrolit/mineral.
Bahan-bahannya :
300 ml konsentrat jus buah (buahnya bisa pepaya, apel, melon, dll)
700 ml air
2-3 sendok teh gula
 ½ sendok teh garam 
Cara membuatnya :
Tambahkan gula dan garam ke dalam jus buah dalam botol minum 1 liter dengan menambahkan air sebanyak 200 mL, kemudian dikocok sempurna.  Setelah semua terlarut sempurna kemudian tambahkan sisa air sampai mencapai volume 1 liter, kocok kembali.  Selanjutnya siap diminum selang 10-15 menit ketika berolahraga yang berlangsung lama.

Sports drink pemulian setelah olahraga
Bahan-bahannya :
50 g Tepung susu skim (tanpa lemak)
500 ml susu segar
Jus buah (sesuai selera)
Buah (sesuai selera)
Cara membuatnya :
Campurkan tepung susu skim  dengan 100 ml susu segar dan aduk sampai menjadi pasta.. Kemudian masukkan semua bahan di atas kedalam blender.  Kemudian di blender sampai halus.  Selanjutnya siap diminum setelah berolahraga.


Pustaka
Benardot D.  2011.  Advanced sports nutrition.  Second edition.  Champaign, IL : Human Kinetics.

No comments: