Laman

Wednesday, November 12, 2014

Penemuan pertama ‘virological penicillin’- harapan melawan virus

Setelah sekitar satu abad penemuan penicillin oleh Alexander Fleming sebagai antibiotik dan bermanfaat menyelamatkan banyak nyawa, kini ilmuwan Tiongkok (Zhen Zhou et al. dari Jiangsu Engineering Research Center for MicroRNA Biology and Biotechnology, State Key Laboratory of Pharmaceutical Biotechnology, School of Life Sciences, Nanjing University) menemukan apa yang mereka sebut dengan ‘virological penicillin’ – MIR2911,  suatu molekul yang ditemukan secara alami pada herba Tiongkok yang disebut “honeysuckle” (Lonecera japonica), lihat http://www.fs.fed.us/database/feis/plants/vine/lonjap/all.html .  Senyawa ini memiliki aktivitas antivirus spektrum luas. Tanaman ini secara tradisional di Tiongkok digunakan untuk mengobati influenza.  Tanaman yang biasa dikonsumsi dalam bentuk teh dapat menekan replikasi virus influenza.

Sebagai produk alami kita berharap MIR2911, yang merupakan ‘virological penicillin’ dan terbukti mengikat beberapa jenis virus influenza dan menghambat virus H1N1, tidak hanya berperan melawan virus influenza, melainkan juga virus-virus lainnya yang pada saat ini belum terkendalikan.


Demikian hasil penelitian terbaru dipublikasi dalam jurnal Cell Research http://www.nature.com/cr/journal/vaop/ncurrent/full/cr2014130a.html


No comments: