Laman

Sunday, February 10, 2013

Mengapa air penting bagi tubuh kita?

Hadi Riyadi

            Tubuh manusia dapat bertahan hidup sampai 30 hari tanpa makanan, tetapi hanya dapat bertahan beberapa hari tanpa air.  Waktu terpanjang seseorang dapat bertahan hidup tanpa air adalah 17 hari, meskipun batas waktu yang paling sering dapat bertahan hidup tanpa air sekitar 2-3 hari (Guthrie, 1986).  Oleh karena itu tidak mengherankan kalau Williams (1988) mengatakan bahwa dari ke enam kelas utama zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air), air adalah zat gizi yang paling penting.  Air memang tidak menghasilkan energi, tetapi zat gizi lainnya yang essensial bagi tubuh hanya dapat digunakan oleh tubuh manusia apabila zat gizi tersebut bereaksi dengan air.  Karena itu air merupakan zat gizi yang esensial.  Air merupakan komponen terbesar tubuh manusia.  Komposisi air tubuh sekitar 45-70 persen dari berat badan.  Air memiliki banyak fungsi dalam tubuh manusia. Air berperan dalam sistem transportasi gas dan zat gizi di dalam lingkungan cair dan sebagai pentransport sisa pembuangan yang keluar dari tubuh  bersama air melalui urin dan feses. Air melumasi tulang-tulang sendi dan melindungi organ-organ seperti mata, usus halus, jantung dan paru-paru.

Dimana air tubuh berada?
            Dari semua air yang terdapat di tubuh, 65 persen terdapat di intraselular dan 35 persen terdapat di ekstraselular.  Bagaimana dengan di jaringan tubuh?.  Otot yang terhidrasi dengan baik mengandung air sekitar 75 persen.  Tulang mengandung air 32 persen.  Lemak yang sifatnya anhidrous hanya mengandung air sekitar 10 persen.  Darah mengandung air paling tinggi, yaitu sekitar 93 persen.

            Kalau dibandingkan antara jenis kelamin, maka laki-laki rata-rata mengandung air yang lebih besar dibanding perempuan.  Pada laki-laki, rata-rata mengandung sekitar 60 persen air dari bobot badannya, sedangkan perempuan hanya sekitar 50 persen.

            Orang yang obes mengandung air hanya sekitar 40 persen, karena komposisi lemak tubuhnya yang tinggi.  Pada atlet, kandungan airnya sekitar 70 persen.

Pentingnya Air bagi Tubuh

            Air sangat penting bagi tubuh karena berfungsi :

v  Membentuk cairan darah, yang membawa zat-zat gizi, sisa buangan tubuh, oksigen, dan sel imun ke seluruh tubuh.

v  Mempertahankan volume darah.

v  Berpartisipasi pada banyak reaksi metabolik dalam tubuh.

v  Berperan sebagai pelarut untuk protein, glukosa, vitamin, mineral, dan banyak molekul-molekul kecil lain, yang memungkinkannya berpartisipasi dalam reaksi-reaksi metabolik.

v  Membentuk cairan keringat, yang sangat penting untuk mempertahankan suhu tubuh normal.

v  Membawa panas dari bagian dalam tubuh ke permukaan kulit, yang penting untuk mempertahankan suhu tubuh normal.

v  Merupakan bagian dari pelumas persendian.

v  Merupakan bagian dari cairan sumsum tulang dan cairan dalam mata.

v  Bagi ibu hamil, merupakan bagian cairan amnionik dalam kandungan/rahim.

Bahan Bacaan

Benardot D.  2006.  Advanced sports nutrition.  Champaign, IL : Human Kinetics.
Guthrie HA.  1986.  Introductory Nutrition.  Sixth Edition.  Toronto : Times Mirror/Mosby College Publishing.

Kenney WL, Wilmore JH, Costill DL. 2012.  Physiology of sport and exercise. 5th ed.  Champaign : Human Kinetics.
Kraemer WJ, Fleck SJ, Deschenes MR. 2012.  Exercise physiology : integrating theory and application. 1st ed.  Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins.

Williams MH.  1988.  Nutrition for fitness and sport.  Second edition.  Iowa : Wm. C. Brown Publishers.

No comments: